Tutorial: Surat Edaran Empat Menteri No 270 M.PPN 11 2012 PDF




Perubahan Tarif PPN dan PPnBM pada Sektor Properti



Pada sektor properti, terdapat perubahan tarif PPN dan PPnBM untuk rumah susun (rusun), rumah subsidi, dan rumah tapak. Tarif PPN untuk rusun dan rumah subsidi turun dari 10 persen menjadi 4 persen, sedangkan tarif PPnBM untuk rumah tapak turun dari 20 persen menjadi 10 persen.


Perubahan Tarif PPN dan PPnBM pada Sektor Otomotif



Pada sektor otomotif, terdapat perubahan tarif PPN dan PPnBM untuk mobil jenis tertentu. Tarif PPN untuk mobil listrik turun dari 10 persen menjadi 0 persen, sedangkan tarif PPnBM untuk mobil hybrid turun dari 25 persen menjadi 10 persen.


Perubahan Tarif PPN dan PPnBM pada Barang Mewah



Pada sektor barang mewah, terdapat perubahan tarif PPnBM untuk jam tangan dan perhiasan. Tarif PPnBM untuk jam tangan turun dari 20 persen menjadi 10 persen, sedangkan tarif PPnBM untuk perhiasan turun dari 15 persen menjadi 5 persen.



Kesimpulan



Surat Edaran Empat Menteri No 270 M.PPN 11 2012 PDF adalah sebuah surat edaran resmi yang berisi tentang perubahan tarif PPN dan PPnBM pada beberapa sektor tertentu. Surat edaran ini penting bagi para pengusaha dan masyarakat untuk mengetahui isi dari surat edaran ini agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tarif pajak yang baru.

close